Mengenal Sejarah Pallet, Mulai dari Pallet Kayu Hingga Pallet Plastik

mengenal apa itu pallet plastik dan sejarahnya

Dalam aktivitas pergudangan, tentu tidak asing dengan benda yang bernama “Pallet”. Benda yang satu ini kerap kali ditemukan di pergudangan atau stok barang dan merupakan salah satu barang penting yang diperlukan. Mungkin bagi kamu yang sudah familiar dengan aktivitas pergudangan, mengenal Pallet yang terbuat dari kayu. Namun, seiring dengan berjalannya waktu Pallet kayu ternyata sudah mulai ditinggalkan.

Pengganti Pallet kayu adalah Pallet plastik. Penggantian tersebut tentu tidak terlepas dari sifatnya yang lebih efektif dan efisien daripada Pallet yang terbuat dari bahan kayu. Sehingga saat ini Pallet yang sering ditemui bukan lagi terbuat dari bahan kayu melainkan plastik. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sejarah Pallet mulai dari Pallet kayu hingga Pallet plastik, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini dengan baik.

Sejarah Perkembangan Pallet

1.    Pallet Kertas

Sejarah Pallet pada masa perkembangannya dibagi menjadi tiga, yang paling awal adalah Pallet kertas. Sama dengan namanya, Pallet kertas merupakan benda yang terbuat dari kertas dan tentu saja tidka memiliki ketahanan yang cukup kuat untuk menampung beban yang lumayan berat sekalipun.

Perlu diketahui, Pallet kertas ini pernah beredar di pasaran pada masanya, tepatnya untuk digunakan sebagai tempat dengan maksimal kapasitas mencapai 3 ton dan minimal 100 kilogram. Tentu saja, karena Pallet kertas terbuat dari bahan kertas maka ketahanan untuk menampung beban tidak terlalu kuat apabila dibandingkan dengan Pallet bahan lainnya.

2.    Pallet Kayu

Selanjutnya, perkembangan Pallet berjalan dengan baik sehingga mengalami perubahan yang baik pula. Buktinya, Pallet yang semula terbuat dari kertas dan memiliki ketahanan yang lemah, kemudian berganti dengan bahan kayu. Dibandingkan dengan Pallet kertas, Pallet kayu tentu lebih bisa menampung beban yang cukup berat yakni dengan kapasitas sebesar 100 kilogram hingga 4 ton beratnya.

Tak hanya itu, Pallet kayu juga terdiri dari beberapa macam seperti kayu keras, kayu murni, kayu triplek atau multiplek. Untuk spesifikasi ukurannya sendiri, Pallet kayu memiliki berbagai macam ukuran  dengan kapasitas seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, Pallet kayu juga mulai ditinggalkan semenjak hadirnya Pallet plastik.

3.    Plastic Pallet

Plastic Pallet merupakan generasi terakhir atau generasi masa kini dari sejarah Pallet yang pernah ada. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Pallet kayu mulai ditinggalkan karena muncul plastic pallet yang memiliki sifat lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan Pallet kayu. Pallet ini cocok digunakan untuk menahan beban berat logistik yang bervariasi. Plastic pallet sendiri juga sering digunakan oleh beberapa perusahaan terutama di bagian pergudangan atau tempat stok barang.

Namun, meskipun dianggap lebih efektif dan efisien daripada Pallet kayu, jenis plastic pallet juga memiliki kekurangan lain yakni tidak mampu menanggung beban dengan kapasitas yang sangat berat. Oleh karena itu, plastic pallet lebih cocok digunakan untuk menampung beban yang cukup ringan. Selain itu, plastic pallet juga memiliki kelebihan lain yakni lebih praktis karena ukurannya yang sempurna dengan berat yang cukup ringan.

Kesimpulan

Itulah sederet informasi yang dapat kami sampaikan tentang sejarah pallet mulai dari Pallet kertas hingga Pallet kayu. Semua jenis pallet tersebut tentu sangat bermanfaat pada masanya, namun saat ini banyak orang yang menginginkan segalanya praktis, sehingga mereka lebih memilih menggunakan pallet yang terbuat dari bahan plastik.

Leave a comment

Your email address will not be published.