Cek Izin Edar Produk Kosmetik dan Makanan Agar Aman dari Bahaya

Penggunaan atau konsumsi produk yang telah terdaftar dan telah mendapat Izin Edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan salah satu cara untuk menghindari produk yang berbahaya bagi kesehatan.

Karena banyak produk berbahaya yang diperdagangkan di masyarakat.

Tidak hanya produk makanan dan minuman, tetapi juga obat-obatan untuk kosmetik.

Setiap orang harus memperhatikan apakah produk tersebut sudah memiliki izin edar dari BPOM, sebelum membelinya.

Ada cara mudah untuk mengetahui apakah suatu makanan/minuman, kosmetika, obat-obatan dan produk lainnya memiliki izin edar atau belum memiliki no izin edar BPOM.

Anda bisa mengecek produk secara langsung atau melalui website dan aplikasi resmi BPOM.

Dengan menelusuri website atau aplikasi BPOM, masyarakat dapat terhindar dari produk berbahaya yang tidak terdaftar di BPOM atau yang nomor BPOMnya palsu.

Di era jual beli online di e-commerce, banyak beredar kosmetik, obat-obatan dan makanan berbahaya yang dapat membahayakan tubuh jika dikonsumsi terus menerus.

Jadi, meski produk mengaku terdaftar di BPOM, tidak ada salahnya untuk mengecek nomor BPOM di website resmi pengecekan BPOM atau aplikasi pengecekan BPOM.

Sebab, jika dicermati di e-commerce, banyak penjual kosmetik dan obat berbahaya yang memalsukan nomor verifikasi produk BPOM-nya agar pembeli mengira produk tersebut aman padahal sebenarnya mengandung bahan berbahaya.

Fitur cek BPOM ini akan menampilkan nomor registrasi untuk setiap produk kosmetik, farmasi, dan makanan yang didaftarkan dan diawasi oleh cek BPOM.

Jadi ketika Anda menggunakan cek produk BPOM dan halaman pencarian berisi daftar produk tersebut, produk yang diperiksa oleh BPOM terdaftar dan aman untuk digunakan.

Pada metode pengecekan BPOM ini akan ditampilkan informasi dari registrar, jenis produk, merek dan nama produk yang dapat dicocokkan dengan produk yang diperiksa dengan nomor BPOM.

Cara cek BPOM online melalui website resmi verifikasi produk BPOM

Buka halaman resmi BPOM. Cekbpom.pom.go.id

  • Pada kolom “Search by” dengan pilihan “Registration number”, masukkan nomor registrasi yang tertera pada kemasan produk pada kolom “Keyword”.
  • Klik “Cari”.
  • Sistem akan menampilkan informasi terkait produk yang dibutuhkan oleh pemeriksaan BPOM.
    Kemudian, cara cek produk BPOM melalui aplikasi cek BPOM akan jauh lebih mudah daripada cara cek BPOM melalui website.

Pasalnya, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Cek BPOM melalui ponselnya di Google Play Store atau App Store.

Cara cek BPOM lewat aplikasi

  • Buka aplikasi pengecekan BPOM dan enter.
  • Pada halaman utama, klik “Semua Produk” dan Anda dapat memilih Produk Terdaftar, Produk yang Dibatalkan atau Peringatan Umum.
  • Klik “Nomor Registrasi” lalu masukkan nomor registrasi.
  • Sistem akan menampilkan informasi produk.

Jika setelah diverifikasi oleh BPOM, halaman tersebut tidak menampilkan detail produk yang bersangkutan, segera laporkan produk tersebut dengan menghubungi Call Center BPOM di nomor telepon 1500533 atau SMS 081 21 9999 533 atau email halobpom@pom.go.id atau media sosial Twitter di @Halo BPOM1500533.

Ini adalah cara verifikasi BPOM melalui website resmi untuk verifikasi produk BPOM atau verifikasi aplikasi nomor BPOM.

Meski agak rumit, ada baiknya semua kosmetik, obat-obatan dan produk makanan yang akan digunakan di BPOM terlebih dahulu untuk memastikan keamanannya.

Leave a comment

Your email address will not be published.