Kenali Penyebab Konjungtivitis dan Gejalanya

Membahas permasalahan pada mata memang tidak ada habisnya. Apalagi jika mengingat fungsi vitalnya dari mata ini, tentu akan membuat Anda menjadi sangat tetarik untuk mempelajarinya. Salah satu penyakit mata yang biasa Anda pelajari adalah penyebab konjungtivitis.

Anda perlu mengetahui penyebabnya, agar Anda bisa memberikan pengobatan secara tepat. Namun sebelum Anda mengetahui penyebabnya, kali ini akan ada pembahasan lengkap tentang masalah konjungtivitis ini.

Apa Itu Konjungtivitis?

Sebagaimana namanya, konjungtivitis merupakan masalah pada mata akibat adanya peradangan pada bagian konjungtiva mata. Konjungtiva sendiri, adalah bagian selaput bening pada mata.

Konjungtivitis, biasa disebut juga sebagai penyakit mata merah. Masalah mata memerah satu ini, sering dialami oleh anak-anak.

Apalagi saat anak-anak berada di sekolah, maka proses penularannya akan semakin cepat menyebar. Namun tak perlu Anda khawatirkan, karena penyakit mata ini bisa sembuh dengan cepat. Terutama jika Anda menanganinya dengan benar.

Faktor Risiko Konjungtivitis

Ada beberapa fator yang menyebabkan Anda mudah terkena konjugtivitis atau mata memerah. Beberapa peningkatan faktor risiko tersebut diantaranya;

  • Adanya penggunaan lensa kontak bisa meningkatkan Anda mudah terkena konjungtivitis.
  • Berinteraksi dengan seseorang yang telah terinfeksi virus ataupun bakteri penyebab konjungtivitis.
  • Memiliki alergi terhadap suatu barang, sehingga bisa menyebabkan konjungtivitis.

Selain beberapa faktor tersebut, ada penyebab lain yang mengakibatkan Anda mudah terkena konjungtivitis. Simak ulasan lanjutan berikut ini, agar Anda mendapatkan informasi yang utuh.

Penyebab Konjungtivitis

Anda pasti tidak asing lagi dengan masalah mata satu ini. Biasanya orang yang terkena penyakit mata ini, akan menimbulkan warna merah pada bagian mata. Warna merah yang muncul adalah akibat terjadinya peradangan pada bagian konjungtiva.

Beberapa penyebab konjungtivitis yang biasanya dialami oleh mayoritas orang antara lain:

  • Adanya infeksi dari virus ataupun bakteri yang bisa menyebabkan mata memerah.
  • Memiliki alergi terhadap suatu benda seperti; debu, asap atau serbuk yang mengenai mata.
  • Alergi khusus yang terjadi pada orang yang menggunakan lensa kontak.
  • Sebagai akibat dari reaksi obat tetes mata, yang hanya terjadi sesaat saja.
  • Terjadi iritasi akibat kontak dengan shampoo, asap, klorin, ataupun kotoran.
  • Iritasi akibat adanya jamur, parasit ataupun amoeba yang mengenai bagian mata.

Gejala Terkena Konjungtivitis

Untuk mengenali apakah masalah pada mata yang Anda alami adalah konjungtivitis. Maka, ada beberapa gejala yang biasanya ditimbulkan. Berikut ini adalah beberapa gejala yang umum terjadi pada penderita konjungtivitis.

  1. Mata Merah

Sebagaimana penjelasan sebelumnya bahwa konjungtivitis merupakan permasalahan pada mata yang mengakibatkan mata memerah. Gejala mata memerah ini bisa terjadi pada salah satu mata ataupun pada kedua mata Anda.

  • Rasa Gatal

Selain warna mata yang berubah menjadi merah, biasanya orang yang terinfeksi akan merasakan gatal disekitar mata. Usahakan Anda tidak mengusapnya dengan sangat keras. Justru cara tersebut akan memperparah infeksi pada mata Anda.

  • Mengeluarkan Kotoran yang Berlebihan

Pada kondisi tertentu, mata bisa mengeluarkan cairan yang kental, terutama pada saat malam hari. Keadaan ini akan membuat Anda semakin sulit untuk membuka mata.

  • Besarnya Kelenjar Getah Bening

Ada beberapa kondisi, yang memperlihatkan adanya perubahan pada kelenjar getah bening yang Anda miliki. Biasanya kelenjar getah bening Anda akan tampak lebih besar dari biasanya. Sehingga keadaan tersebut bisa menganggu aktifitas Anda.

Penanganan Konjungtivitis

Untuk menangani kondisi mata dengan masalah ini, biasanya dokter hanya menyarankan pasien untuk mengistirahatkan sejenak matanya. Salah satunya dengan mengurangi aktivitas mata.

Selain itu, Anda juga akan diberikan suplemen untuk mata. Entah itu dalam bentuk obat tetes ataupun lainnya.

Anda juga bisa memanfaatkan Billberry Adawiyah 99 untuk mengatasi penyebab konjungtivitis yang Anda alami. Suplemen mata ini, akan memberikan banyak manfaat untuk Anda. Bahan dasarnya yang terbuat dari bahan alami, akan membuat Anda merasa aman saat menggunakannya.

Untuk mendapatkan ekstrak buah bilberry ini sangatlah mudah, sudah banyak terjual di marketplace, Instagram (bilberry_adawiyah) atau disitus website: Adawiyah 99.

Leave a comment

Your email address will not be published.