Tugas Wedding Organizer ( WO )

Tugas utama wedding organizer pada dasarnya adalah membantu calon mempelai merencanakan acara pernikahannya. Namun pada praktiknya, tugas wedding organizer tidak sesederhana itu. Usaha wedding organizer juga meliputi persiapan acara pernikahan hingga memastikan acara berjalan lancar. Untuk lebih lengkapnya, berikut tugas wedding organizer.

  1. Merencanakan acara pernikahan
    Kapan acara pernikahan digelar? Di mana tempat pelaksanaan acara pernikahan hingga hal-hal lain yang berhubungan dengan acara pernikahan, semua itu tentu harus direncanakan dengan cermat. Tentu saja, membuat perencanaan yang baik tidaklah mudah. Membuat perencanaan yang baik dan jelas, inilah layanan yang ditawarkan bisnis wedding organizer.
  2. Merancang anggaran acara pernikahan
    Berapa total biaya yang harus dikeluarkan untuk sebuah acara pernikahan, hal tersebut tentu harus dihitung. Dengan mengetahui rincian biaya yang harus dikeluarkan, membuat anggaran jadi lebih mudah.
  3. Menentukan lokasi pernikahan
    Jika klien belum menentukan lokasi pernikahan, bisnis wedding organizer juga punya tanggung jawab untuk memberikan rekomendasi tempat yang tepat. Gedung acara biasanya disesuaikan dengan tema dan konsep dari acara pernikahan yang akan digelar. Dalam memilih gedung, usaha wedding organizer juga akan mempertimbangkan jumlah tamu undangan.
  4. Memastikan jalannya acara pernikahan
    Saat acara pernikahan digelar, wedding organizer bertugas untuk memastikan bahwa segala sesuatunya berjalan dengan baik. Untuk itu, wedding organizer harus datang sebelum acara dimulai dan mengawasi jalannya acara.
  5. Memastikan mahar dan seserahan tersimpan dengan baik
    Mengamankan mahar dan seserahan juga menjadi salah satu tugas wedding organizer. Saat mengamankan mahar dan seserahan, wedding organizer perlu berkoordinasi dengan pihak keluarga. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman.

Setelah acara pernikahan selesai, wedding organizer juga harus memastikan bahwa semua peralatan yang digunakan dikembalikan ke vendor. Tugas wedding event organizer baru selesai jika semua peralatan sudah dikembalikan.

Leave a comment

Your email address will not be published.